Pemkab Polewali Mandar Gelar Sosialisasi Virtual Aplikasi Halo ASSAMI, Menuju Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Polman, SANDEQ.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo SP), menggelar sosialisasi aplikasi Halo ASSAMI secara virtual. Acara yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Polewali Mandar, Nursaid, S.Sos., MM., ini dihadiri oleh jajaran pimpinan dan perangkat daerah secara daring, Selasa, 30 September 2025.

Sosialisasi ini diikuti oleh para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekretaris OPD, Kepala Bagian Sekretariat Daerah serta seluruh camat, lurah, dan kepala desa se-Kabupaten Polewali Mandar. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan aplikasi Halo ASSAMI sebagai saluran pengaduan dan pelayanan publik terpadu.

Dalam sambutannya, Sekda Nursaid menyampaikan apresiasi kepada Dinas Kominfo SP yang telah menginisiasi kegiatan sosialisasi ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kominfo SP atas inisiatif menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Aplikasi Halo ASSAMI ini secara virtual,” ujarnya.

Nursaid juga menyampaikan beberapa pesan penting kepada seluruh peserta. Pertama, ia mengharapkan seluruh peserta dapat mengikuti acara dengan seksama dan aktif bertanya jika ada hal yang belum jelas. Kedua, usai kegiatan ini, seluruh pimpinan OPD, camat, lurah, dan kepala desa diimbau untuk mensosialisasikan aplikasi ini kepada masyarakat melalui flayer, video, atau spanduk yang telah disiapkan Dinas Kominfo SP.

“Ketiga, Aplikasi Halo ASSAMI akan diuji coba pada pertengahan bulan Desember hingga 28 Desember 2025, dan akan diluncurkan (launching) pada tanggal 29 Desember 2025, bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Polewali Mandar,” tambah Nursaid.

Pesan keempat yang disampaikan adalah mengenai pentingnya responsif selama masa uji coba. Nursaid berharap seluruh pimpinan OPD dapat merespon dengan baik setiap aduan yang masuk dari masyarakat.

“Jika ada kendala, mari kita carikan solusinya bersama,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Faturrahman, Programer Dinas Kominfo SP, memaparkan teknis dan cara penggunaan aplikasi Halo ASSAMI. Ia menjelaskan alur pengaduan, mulai dari masyarakat sebagai pengadu, kemudian proses ditangani oleh Operator Kabupaten, dilanjutkan kepada admin OPD, direspon oleh pimpinan OPD, dan akhirnya informasi balik diberikan kepada pengadu.

I Nengah Tri Sumadana, Asisten Administrasi Umum, menambahkan bahwa Aplikasi Halo ASSAMI akan diintegrasikan dengan sistem pelayanan pengaduan nasional, yaitu LAPOR! (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) dan SP4N-LAPOR (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional). Integrasi ini diharapkan dapat memperkuat fungsi aplikasi dalam menampung aspirasi dan pengaduan masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo SP, Aco Musaddad HM, dalam pengantarnya menekankan bahwa masa uji coba aplikasi merupakan ruang untuk menerima masukan dari masyarakat dan pemerintah guna menyempurnakan Aplikasi Halo ASSAMI sebelum diluncurkan secara resmi.

“Dan kami akan melakukan sosialisasi melalui media sosial dalam bentuk video dan flayer. Kami dari Dinas Kominfo SP juga selalu terbuka jika ada kendala dalam penggunaan aplikasi tersebut,” pungkas Aco Musaddad.

Dengan adanya aplikasi ini, Pemkab Polewali Mandar berharap dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menjadikan proses pengaduan lebih transparan, cepat, dan terintegrasi.(*)

Editor : Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *